Auramassage.my.id – Menstruasi atau datang bulan merupakan saat yang paling menyiksa bagi wanita. Karena saat menstruasi, seorang wanita akan mengalami rasa tidak nyaman akibat rasa nyeri yang berlebihan sehingga mengganggu aktivitasnya.

Penyebab nyeri haid sendiri adalah reaksi kimia tubuh yang disebut prostaglandin. Prostaglandin menyebabkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidaknyamanan menstruasi, seperti nyeri.

Prostaglandin merangsang kontraksi rahim. Orang dengan prostaglandin tinggi mungkin mengalami kontraksi rahim yang lebih kuat dan lebih banyak rasa sakit.

Saat ini, untuk menguranginya, wanita sering minum obat meskipun cara alami juga bisa digunakan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut cara alami mengatasi kram menstruasi.

Cara mengatasi nyeri haid dengan cara alami

Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Cara dan Bahan Alami

Kunyit

Bumbu dapur atau bahan alami yang pertama yaitu kunyit ternyata bisa meredakan nyeri haid.

Sebuah studi baru-baru ini, yang mengikuti wanita selama tiga siklus menstruasi, menemukan bahwa suplemen kurkumin membantu mengurangi gejala menstruasi.

“Studi pada otot babi guinea dan tikus menunjukkan bahwa kunyit juga bisa meredakan nyeri haid,” baca sebuah artikel di WebMD.

Pijat dengan minyak esensial

Meredakan nyeri haid dengan pijatan atau terapi selama kurang lebih 20 menit dapat membantu mengurangi nyeri haid.

Terapi pijat menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu. Anda bisa meminta terapis pijat untuk memijat di sekitar perut samping dan belakang agar merigankan rasa nyeri.

Baca Juga : Layanan Pijat Panggilan di Jakarta Pusat

Teh

Minum teh chamomile panas bisa membuat Anda merasa lebih baik karena memiliki efek menguntungkan pada nyeri haid.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa teh chamomile meningkatkan kadar glisin, yang membantu mengurangi kejang otot.

Selain dimanfaatkan sebagai minyak esensial, chamomile juga telah dibuat menjadi produk teh herbal yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Oleh karena itu, teh ini sebaiknya Anda coba minum dua cangkir sehari selama satu minggu sebelum haid.

Kayu manis

Siapa sangka ramuan umum masakan ini ternyata juga bisa mengurangi rasa sakit saat haid.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa kayu manis membantu mengontrol periode menstruasi (nyeri haid) dan mungkin menjadi pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS, walaupun studi ini memiliki sejumlah kecil peserta.

Kayu manis telah terbukti secara signifikan mengurangi rasa sakit dan pendarahan, serta mengurangi mual dan muntah yang terkait dengan dismenore primer,” tulis sebuah pernyataan di Healthline.

Air Hangat

Bahan yang satu ini sangat mudah ditemui dan khasiatnya sangat membantu dalam meringankan nyeri haid.

Dengan cara menuang air hangat ke dalam botol lalu kompres bagian perut yang nyeri, maka cara ini merupakan cara alami, paling mudah dan murah dalam mengatasi nyeri haid.